Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

Academic Programs

Academic Program

I. KURIKULUM

 Lulusan MPKP-FEUI dapat berkarir di berbagai bidang. Cakupan bidang yang dapat ditit karirnya oleh lulusan MPKP-FEUI sangat luas, dapat di mulai dari kementrian-kementrian departemen-departemen pemerintah, satuan kerja pemerintah daerah (SKPD), lembaga-lembaga pemerintah pusat dan daerah, bukan departemen pemerintah pusat, dinas-dinas dan ataubadan-badan non dinas pemerintah daerah (provinsi atau kabupaten/kota), dewan perwakilan rakyat (DPR) atau dewan perwakilan daerah (DPRD); dunia perbankan dan lembaga-lembaga keuangan bukan bank; Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU); Asosiasi-asosiasi perusahaan/pengusaha, seperti  : KADIN, GAPEKSI dan Sebagainya; perusahaan-perusahaan pemerintah, semi-pemerintah atau swasta; dan lembaga-lembaga ekonomi, politik ataupun social non pemerintah (LSM) termasuk juga profesi wartawan. Menjadikan Magister Ekonomi Universitas Indonesia yang mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan publik di bidang ekonomi serta mampu memformulasikan dan merekomendasikan kebijakan sebagai solusi atas permasalahan tersebut dalam kaitannya dengan aspek sosial dan lingkungan.

  • KURIKULUM & SKS (CURRICULUM AND CREDITS) *

Program Studi MPKP berupaya menghasilkan lulusan di bidang ekonomi terapan untuk memberikan kontribusi menyelesaikan permasalahan–permasalahan kebijakan publik terutama di lingkup Indonesia.

 

No

Jenis Mata Ajar

SKS

1

Mata Ajar Wajib  (Core Courses)Mata Ajar Wajib bertujuan memberikan teori ekonomi dan kuantitatif untuk persiapan mengikuti mata ajar peminatan. Termasuk dalam kelompok mata ajar ini adalah tugas akhir (thesis) sebagai syarat kurIkulum.

35

2

Mata Ajar Peminatan ( Specialization Course)Mata Ajar Peminatan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman serta wawasan yang mendalam di bidangnya.

6

Jumlah SKS

*Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI Level 8)

41