Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

Academic Programs

Academic Program

I. Kurikulum

Lulusan MPKP-FEUI dapat berkarir di berbagai bidang. Cakupan bidang yang dapat ditit karirnya oleh lulusan MPKP-FEUI sangat luas, dapat di mulai dari kementrian-kementrian departemen-departemen pemerintah, satuan kerja pemerintah daerah (SKPD), lembaga-lembaga pemerintah pusat dan daerah, bukan departemen pemerintah pusat, dinas-dinas dan ataubadan-badan non dinas pemerintah daerah (provinsi atau kabupaten/kota), dewan perwakilan rakyat (DPR) atau dewan perwakilan daerah (DPRD); dunia perbankan dan lembaga-lembaga keuangan bukan bank; Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU); Asosiasi-asosiasi perusahaan/pengusaha, seperti  : KADIN, GAPEKSI dan Sebagainya; perusahaan-perusahaan pemerintah, semi-pemerintah atau swasta; dan lembaga-lembaga ekonomi, politik ataupun social non pemerintah (LSM) termasuk juga profesi wartawan. Menjadikan Magister Ekonomi Universitas Indonesia yang mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan publik di bidang ekonomi serta mampu memformulasikan dan merekomendasikan kebijakan sebagai solusi atas permasalahan tersebut dalam kaitannya dengan aspek sosial dan lingkungan.

Secara lebih rinci bidang keahlian yang dapat dititi karirnya oleh lulusan MPKP-FEUI per setiap peminatan adalah sebagai berikut :

 1. Ekonomi Perencanaan Kota dan Daerah

Kekhususan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis berbagai isu yang berkaitan dengan perencanaan daerah dan perkotaan di Indonesia. Topik perencanaan ekonomi daerah terutama membahas pendekatan makro dalam analisis perekonomian regional. Sementara itu, topik perencanaan perkotaan akan mengulas berbagai masalah yang timbul dalam pembangunan suatu kota.

Kebijakan pembangunan di daerah tidak lepas dari satu topik penting, yaitu mengenai desentralisasi fiskal, yang akan dibahas dalam satu mata kuliah tersendiri. Dengan mengambil kekhususan ini mahasiswa diharapkan dapat memahami, menganalisis dan memberi alternatif rekomendasi kebijakan publik bagi berbagai isu dan permasalahan yang dihadapi oleh proses perencanaan di daerah. Dosen: Dr. Sonny Harry Budiutomo Harmadi , Titissari, SE., MT., M.Sc., Paksi C.K. Walandaow, SE.MA

 2. Ekonomi Keuangan Negara dan Daerah

Kekhususan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis berbagai aspek penting keuangan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah, juga mampu memberikan penilaian kritis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah di bidang keuangan dan menawarkan solusi alternatifnya. Aspek-aspek penting yang dimaksud adalah

i.         hal-hal apa yang menjadi pertimbangan utama pemerintah ketika hendak meningkatkan penerimaannya, baik melalui pungutan pajak maupun bukan pajak atau pinjaman;

ii.           hal-hal apa pula yang harus diindahkan ketika membelanjakan penerimaan tersebut untuk pembiayaan berbagai aktivitas pemerintahan.

iii.            prosedur dan mekanisme apa, dan bagaimana, yang harus ditempuh dan/atau dibangun oleh pemerintah dalam memantau pengumpulan dan belanja keuangannya

iv.            iklim dan sistem yang bagaimana yang harus ada dalam kehidupan bernegara sehingga hubungan keuangan antara pemerintah pusat dengan daerah menjadi baik, bermuara pada kesejahteraan masyarakat yang optimal. Dosen: Riatu M. Qibthiyyah, Ph.D., Iman Rozani, SE., M.Sc., Hania Rahma , M.Si., Muliadi Widjaja, Ph.D., Sartika Djamaluddin, Dr., Ringoringo Halomoan Achmadi, M.Soc.Sc.

 3. Ekonomi Persaingan Usaha

Kekhususan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu memahami teori dan berbagai aspek yang berkaitan dengan kebijakan publik yang mengatur persaingan bisnis. Selain itu, lulusan ini juga dapat memahami dan melakukan kajian terhadap kebijakan publik yang berkaitan dengan persaingan usaha.

Kekhususan ini akan mempelajari berbagai perilaku perusahaan di pasar, serta implikasinya pada pencapaian kesejahteraan masyarakat. Semakin tinggi intensitas persaingan, harga semakin rendah, pilihan konsumen semakin banyak, kualitas barang juga semakin tinggi. Sementara distorsi terhadap persaingan, baik yang bersumber pada perilaku perusahaan dan regulasi pemerintah, dapat menghambat dan atau menghilangkan persaingan dan pada gilirannya dapat menurunkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kekhususan ini juga dipelajari kapan suatu masalah dapat diselesaikan melalui persaingan dan kapan diperlukan peran pemerintah untuk menggantikan fungsi pasar melalui tata niaga. Mekanisme pengaturan ini, memerlukan pemahaman yang mendalam tentang teori dan kebijakan persaingan usaha. Dosen: Prof. Dr. Ine Minara S. Ruky, Dr. Andi Fahmi Lubis, Dr. Pande Radja Silalahi.

4. Ekonomi Keuangan dan Perbankan

Kekhususan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan analisis mengenai sektor keuangan. Mahasiswa akan dikenalkan dengan berbagai lembaga keuangan dilihat dari sisi teoritis dan prakteknya di Indonesia. Selain itu mahasiswa juga diharapkan mengetahui mekanisme kebijakan moneter baik secara teoritis maupun aktivitas emperis yang dilakukan bank sentral di Indonesia. Dengan demikian sebagai calon pengambil keputusan, kemampuan tersebut diharapkan dapat menjadi bekal untuk menjadi pengambil kebijakan yang tepat terutama di sektor keuangan di Indonesia.

Kekhususan ini yang menonjolkan aspek teoritis dan aplikasinya dari kegiatan keuangan yang meliputi kegiatan perbankan dan non perbankan, disertai dengan analisis kebijakan moneter yang sangat terkait dengan kegiatan keuangan di Indonesia. Dosen: Dr.Telisa Aulia Falianty, Dr. Eugenia Mardanugraha, Dr. Willem A. Makaliwe, Zahra Kemala Nindita Murad S.E., M.A., Dewi Meisari Haryanti M.Sc

 5. Ekonomi Globalisasi

Kekhususan ini diharapkan dapat mengantisipasi kebutuhan sumberdaya manusia yang dapat berperan dalam memperkuat posisi Indonesia dalam proses globalisasi. Mahasiswa disiapkan untuk memahami teori dan kebijakan perdagangan dan keuangan internasional dengan fokus utama kerjasama ekonomi baik bilateral, regional, maupun internasional, serta memahami desain dan kebijakan publik yang berhubungan dengan kerjasama ekonomi internasional dan aspek keuangan global.

Bidang kekhususan ini akan mempelajari bagaimana hubungan ekonomi antar negara, yang ditandai dengan adanya perdagangan serta hubungan keuangan internasional, serta berbagai hubungan politik, hukum, sosial bahkan budaya yang mempengaruhinya. Dosen: Arindra Artasya Zainal, Ph.D., Dr. Maddaremmeng A. Panennungi, Dr. Fithra Faisal Hastiadi S.E., MSE., M.A., Muhammad Shauqie Azar S.E., MPP.

 6. Infrastruktur dan Aset Publik

Perumus, pelaksana, pemantau, pengawas dan pemerhati serta analis kebijakan-kebijakan pemerintah dalam upaya mengembangkan sektor infrastruktur (jaringan jalan, listrik, telepon, air bersih, buangan limbah, dsb) serta mendorong pemanfaatan aset publik (terutama tanah dan bangunan) yang sejalan dengan biaya kesempatannya (opportunity cost). Dosen: Nuzul Achjar, Ph.D., Drs. Noerachmanto M.A., Ph.D.

7. Manajemen Sektor Publik

Perumus, pelaksana, pemantau, pengawas dan pemerhati serta analis kebijakan-kebijakan pemerintah dalam upaya mengelola infrastruktur publik (jaringan jalan, listrik, telepon, air bersih, buangan limbah, dsb) serta peranan pemerintah-swasta dalam analisis sistem dan manajemen infrastruktur publik. Bidang karir yang dapat dititi oleh lulusan dengan peminatan ini adalah karir-karir yang sejalan dengan keahlian dalam merumuskan, melaksanakan, memantau, mengawasi serta menganalisis cara dan kebijakan sektor publik dalam mengelola pelayanan kepada masyarakat. Dosen: Dr. Nining I. Soesilo, Dr. Bima Haria Wibisana, Oskar Vitriano, SE.M.Pub.Pol,

 8. Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan

Perumus, pelaksana, pemantau, pengawas dan pemerhati serta analis kebijakan-kebijakan pemerintah dalam upaya menanggulangi kemiskinan. Khususnya bagaimana disiplin ilmu ekonomi menjelaskan dan menganalisa penyebab dan pengaruh kemiskinan dan kesenjangan pendapatan terhadap berbagai lapisan masyarakat. Pilihan karir yang dapat dititi oleh lulusan dengan peminatan ini adalah keahlian dalam merumuskan, melaksanakan, memantau, mengawasi serta menganalisis cara dan upaya pemerintah untuk meniadakan kemiskinan di Indonesia. Dosen: Prof. Suahasil Nazara, Ph.D., Jossy Prananta Moeis, Ph.D., Teguh Dartanto, Ph.D.

 II. Struktur Kurikulum

Kurikulum Program Studi MPKP-FEUI terdiri dari atas beberapa kelompok berdasarkan kategori Mata Ajar :

  1. Mata Ajar Dasar
  2. Mata Ajar Peminatan
  3. Mata Ajar Penunjang
  4. Mata Ajar Spesial

Mata Ajar Dasar bertujuan memberikan teori ekonomi dan kuantitatif untuk persiapan mengikuti mata ajar penunjang dan peminatan. Mata ajar Peminatan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan peminatan. Mata ajar yang sifatnya aplikatif untuk menambah kedalaman akan pemahaman perencanaan dan kebijakan public. Disamping itu, mata ajar ini juga bertujuan membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhir dan studi tepat waktu. Sedangkan Mata Ajar Spesial adalah Tesis Komprehensif sebagai tugas akhir (tesis) yang harus di tempuh agar mahasiswa memperoleh gelar Magister Ekonomi.

Kurikulum diselenggarakan dengan menggunakan sistem Satuan Kredit Semester (SKS). Untuk memperoleh gelar Magister Ekonomi, mahasiswa MPKP-FEUI harus menempuh minimal 40 SKS.

Kelas Penuh Waktu,  kurikulum dirancang dapat ditempuh dalam 4 (empat) semester namun dapat diselesaikan 3 (tiga) semester apabila memaksimalkan SKS yang diperkenankan. Gambar 1 menunjukkan skema pengambilan Mata Ajar Kelas Penuh Waktu. Batas masa studi adalah 6 semester. Untuk semester I mahasiswa diwajibkan mengambil paket Mata Ajar dan di semester selanjutnya mahasiswa dapat mengatur sendiri pengambilan Mata Ajar dengan maksimal pengambilan 16 SKS per semester.

Picture8

Gambar 1. Skema Kurikulum Kelas Penuh Waktu

 

Picture7

Gambar 2. Skema Kurikulum Kelas Paruh Waktu

Kurikulum Kelas Paruh Waktu dirancang untuk diselesaikan dalam 5 semester. Skema pengambilan Mata Ajar dapat dilihat dalam Gambar 2. Berbeda dengan kelas pagi, mahasiswa Kelas Paruh Waktu wajib mengambil paket di Semester I dan II.  Jumlah SKS maksimal yang dapat diambil mahasiswa  Kelas Sore adalah 9 SKS per semester.

II.2. Kurikulum Program Studi MPKP – FEUI terdiri atas beberapa kelompok berdasarkan kategori mata ajar:

No

Jenis Mata Ajar

SKS

1

Mata Ajar Dasar Mata Ajar Dasar bertujuan memberikan teori ekonomi dan kuantitatif untuk persiapan mengikuti mata ajar penunjang dan peminatan.

16

2

Mata Ajar Peminatan Mata Ajar Peminatan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman serta wawasan yang mendalam di bidangnya.

  6

3

Mata Ajar Penunjang Mata Ajar Penunjang adalah mata ajar yang sifatnya aplikatif untuk menambah kedalaman akan pemahaman perencanaan dan kebijakan publik. Disamping itu, mata ajar ini juga bertujuan membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhir dan studi tepat waktu.

12

4

Mata Ajar Spesial/Tugas Akhir Mata Ajar Spesial adalah Tesis Komprehensif sebagai tugas akhir (tesis) yang harus ditempuh agar mahasiswa memperoleh gelar Magister Ekonomi

 6

Jumlah SKS

40